NEWS
DETAILS
Kamis, 27 Jul 2017 00:20 - GenK BeAT Pontianak

Cornering atau orang lebih akrab dengan istilah BR kepanjangan dari Belok Rebah. Ilmu dasar road race ini harus anda pahami oleh semua riders agar tidak terjadi kesalahan dan yang terpenting adalah rajin latihan secara terus menerus sampai anda bisa dan memahami motor yang anda gunakan.

 

Nah berikut ini beberapa tips dan trik cornering yang baik dan benar.

 

Dengan Menggunakan REM depan belakang dan juga menurunkan grip gas, turunkan kecepatan sebelum mencapai ke tingkungan.

Hal ini penting saat anda melakukan proses downshiftting (turun gigi)

Bawa/arahkan motor dari bagian luar jalan terlebih dahulu untuk kemudian menuju ke sisi dalam tikungan.

Geser Titik beban tubuh ke bagian dalam tikungan yang akan di lalui. Untuk pemula cukup hanya menggeser posisi duduk menjadi lebih condong ke dalam tikungan. Tujuan melakukan cornering yaitu untuk meningkatkan ground clearance” maksudnya adalah membuat kita merasa lebih pede saat memasuki jalan tikungan,selain itu agar lebih fokus kepala dan mata untuk tidak jelalatan kemana mana agar bisa tetap memandang jalan yang seharusnya kita tuju.

Menengok atau memutar kepala kita (maksudnya bukan hanya melirik dengan mata) tapi arahkan pandungan jauh kedepan ke bagian jalan yang ingin dilewati.

Ingat bahwa saat anda berkendara cenderung melaju menuju kearah mana kita melihat,jadi saat anda melewati tikungan coba lihat kearah yang ingin anda tuju atau istilahnya titik exit(titik keluar) tikungan).

Saat mulai menengokkan kepala,jangan lupa juga untuk menekan setang ke arah mana tikungan yang ingin dilalui atau ingin menikung.

Yang saya sebutkan diatas dinamakan dengan istilah counter steering ,untuk caranya yaitu cukup simple anda bisa tekan/dorong setang kiri jika ingin menikung kearah kiri sebaliknya jika anda ingin nikung ke arah kenan cukup tekan/dorong stang ke kanan. Counter steering adalah dasar yang paling utama dalam mengendalikan sepeda motor yang kita kendarai. Jika di tunjang atau juga di padukan dengan pisisi badan yang agak condong atau bergeser titik bebanya (body stering) akan lebih mempermudah untuk mengarahkan atau memiringkan motor sesuai keinginan kita.

Ketika motor sudah mulai merebah untuk menikung di jalan ,anda bisa buka sedikit grip gas motor dengan lembut dan taratur untuk menjaga kestabilan dan juga kecepatan motor supaya tidak melambat (deselerasi).Selesai dan Keluar dari tikungan, silahkan anda kembali untuk tarik grip gas dengan memacu motor anda untuk berakselerasi hingga kecepatan mentok.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK